Ulasan Game Ghost of Tsushima

Ulasan Game Ghost of Tsushima

Ulasan Game Ghost of Tsushima – Saya belum pernah memainkan game sebelumnya yang memberi Anda imbalan karena menulis puisi haiku, tapi itulah yang dilakukan Ghost of Tsushima. Eksklusif PS4 yang telah lama ditunggu-tunggu tidak hanya memungkinkan Anda mewujudkan impian samurai Anda, mengiris dan memotong bandit dan penjajah, tetapi juga memungkinkan Anda sepenuhnya menghuni pengaturan feodal Jepang yang bertindak sebagai panggungnya.

Ulasan Game Ghost of Tsushima

guardcombat – Apa yang kurang dari orisinalitas gim ini secara keseluruhan, itu diimbangi dengan komitmen sempurna untuk secara hormat merender era historis ini, menghasilkan hamparan penuh gaya dari ide-ide terbaik yang terlihat dalam gim dunia terbuka generasi ini, dan lagu angsa yang pas untuk PlayStation 4.

Pulau Tsushima sangat menyenangkan

Ditetapkan pada tahun 1274, Ghost of Tsushima menempatkan Anda mengendalikan Jin Sakai, satu-satunya samurai yang selamat dari serangan brutal dari gerombolan Mongol yang menyerang, yang dipimpin oleh Khotun Khan, cucu Ghengis. Pulau Tsushima telah dirusak oleh penjajah pertanian dibiarkan terbakar, mayat-mayat berserakan di pedesaan, bandit memanfaatkan pertahanan desa yang hancur, dan Lord Shimura (paman Jin dan gubernur pulau itu) telah ditangkap. Sebagai Jin, terserah Anda untuk merekrut sekelompok sekutu untuk memaksa Mongol kembali, dan menggunakan pelatihan samurai dan siluman seperti ninja untuk melakukan perang gerilya melawan agresor.

Baca Juga : Mermaids Millions Slot Review

Jika Anda pernah memainkan game dunia terbuka setelah The Witcher 3, baik itu Assassin’s Creed: Odyssey atau The Legend of Zelda: Breath of the Wild, Anda akan tahu persis apa yang diharapkan dari Ghost of Tsushima. Dimulai dengan persenjataan dan serangan paling dasar, Jin akan menjadi samurai yang lebih mahir saat dia menjelajahi peta, mendapatkan senjata dan baju besi yang lebih baik, dan meningkatkan kekuatan dengan menjelajahi kuil, menemukan sumber air panas yang meremajakan, dan membebaskan perkemahan dari pasukan Mongol, sebagai serta menavigasi cerita utama yang sarat twist.

Ini adalah permainan besar, dengan lebih banyak aktivitas dan gangguan daripada yang dapat disebutkan secara ringkas di sini. Ghost of Tsushima dipenuhi dengan tugas di setiap belokan, tetapi dengan baik menyembunyikan daftar centang ikon peta centang kotak yang dilanggar oleh game lain dalam genre ini.

Ini sebagian besar karena alat eksplorasinya yang inovatif. Meskipun Anda memiliki akses ke peta dunia yang tertutup kabut perang, tidak ada peta mini atau kompas saat Anda berada di luar menu. Sebagai gantinya, Anda harus menggunakan petunjuk visual di sekitar lanskap untuk menemukan tempat menarik, dan menggunakan ‘Angin Pemandu’ yang dapat mengarahkan Anda ke lokasi yang dilacak saat Anda mendaki lereng gunung dan mengarungi sawah yang basah.

Ini adalah fitur hebat tandai tujuan atau titik di peta, dan saat Anda berada dalam permainan, arah angin malah bertindak sebagai kompas visual. Jika pohon bergoyang ke kiri, tujuan Anda terletak di barat, misalnya, sementara asap yang berhembus ke arah Anda menunjukkan bahwa Anda perlu berbelok, baik dengan berjalan kaki atau dengan kuda terpercaya yang menemani Anda sepanjang permainan.

Dengan rerumputan panjang yang melimpah, asap yang berlimpah, dan dedaunan yang berhamburan, ini adalah cara yang bagus untuk mempertahankan HUD minimal dan membuat Anda tenggelam dalam aksi tanpa membuat Anda merasa tersesat. Dan, ketika tidak ada tujuan yang jelas, satwa liar di pulau itu ikut bermain burung emas terbang menuju sekitar lokasi rahasia, sementara rubah meninggalkan sarangnya untuk memandu Anda ke lokasi Kuil Inari yang bermanfaat. Dan, ya, Anda bisa memelihara rubah.

Katana pembunuh dan siluman bom asap

Jika eksplorasi adalah salah satu pilar inti permainan, yang kedua adalah pertempuran. Ini cepat, mengartikulasikan, haus darah, dan menantang, tetapi juga memberdayakan. Sebagai Jin yang lemah di awal permainan, bahkan bandit rendahan yang mengenakan kain dapat membuat Anda menjadi daging cincang, tetapi keakraban dengan sistemnya dan peningkatan yang dibuka selama petualangan Anda akan membuat Anda menggunakan katana seperti ahli pedang.

Seperti yang Anda harapkan, permainan pedang adalah komponen utama pertempuran, dan itu dilakukan dengan sangat memuaskan di sini. Banyak pertemuan dimulai dengan ‘Stand Off’ sedikit seperti permainan ayam mengayunkan pedang, di mana Anda akan melihat lawan dan menunggu saat yang tepat untuk melakukan serangan pertama yang mematikan, hanya seperti di film samurai klasik.

Namun, begitu dikelilingi, Anda harus lebih metodis dalam pendekatan Anda. Jin akan mendapatkan akses ke serangan berat dan ringan, menghindar, memblokir dan menangkis, dan masing-masing dapat dimodifikasi dengan salah satu dari sejumlah posisi bertarung yang berbeda, diakses dengan menahan R2 dan menekan tombol wajah yang sesuai, dan masing-masing penting untuk mengambil pada berbagai jenis lawan. Melanggar penjaga musuh raksasa yang menyerang dengan berat membutuhkan sikap yang berbeda untuk mengukur melawan spearman cepat misalnya, dan mempelajari kekuatan atau kelemahan setiap musuh sangat penting untuk memenangkan pertarungan.

Baca Juga : Modern Combat 5 Blackout Review

Tindakan sukses dalam pertempuran membangun meteran ‘Resolve’ yang dapat digunakan untuk menyembuhkan Jin, atau melakukan serangan kuat yang tidak terkunci nanti dalam permainan, sambil menyelesaikan misi dan menghadapi tantangan eksplorasi di sekitar peta juga dapat membuka pesona yang dapat ditambahkan ke senjata untuk meningkatkan statistik dan keterampilan Anda. Ada banyak pertempuran di Ghost of Tsushima, jadi melegakan untuk mengatakan itu tetap menyenangkan sepanjang.

Namun, pendekatan alternatif selalu tersedia, dan Jin sama mahirnya menjadi ninja ‘Hantu’ yang sembunyi-sembunyi dan licik yang disinggung dalam judul game. Ada pengukur deteksi wajib dan tampilan ‘pendengaran yang ditingkatkan’ sekarang standar yang memungkinkan Anda melacak dan melihat musuh dengan garis merah bahkan ketika terhalang oleh rintangan, serta pembunuhan satu pukulan jika Anda merayap di musuh yang tidak curiga.

Bagian siluman Ghost of Tsushima hampir selalu opsional, tetapi selalu menyenangkan juga ada banyak ruang persembunyian untuk merencanakan serangan, banyak vertikal ke kamp untuk mengamati patroli musuh, dan gudang senjata jarak jauh yang bagus untuk digunakan mengalihkan perhatian atau memotong-motong, dari panah eksplosif yang ditembakkan dari busur Anda hingga lonceng angin dan bom asap.

Dengan gerakan diam-diam pendekatan ‘tidak terhormat’ berdasarkan kode samurai, Jin sering putus asa menceritakan serangan ini meskipun kadang-kadang penting. Situasi penyanderaan, misalnya, dengan cepat berubah menjadi masam jika Jin tidak tetap tidak terdeteksi.

Mengalahkan musuh dalam pertempuran atau mengambil misi cerita pada akhirnya akan memberi Anda ‘Poin Teknik’ yang dapat dihabiskan di pohon keterampilan. Ini relatif ekspansif, tetapi tidak berlebihan, dan sangat bagus bahwa setiap keterampilan yang tidak terkunci terasa seperti memiliki dampak yang berarti pada cara Anda dapat memainkan permainan. Perlu dicatat juga bahwa Anda tidak pernah dipaksa menyusuri jalan samurai atau ninja Anda dapat mencampur dan mencocokkan keterampilan dengan gaya permainan pilihan Anda.

Pencarian sisi samurai dan lokasi yang dipenuhi pengetahuan

Jalan-jalan Tsushima berbahaya dan sangat sibuk, tetapi sangat sedikit pertemuan yang hanya demi pertempuran yang lebih banyak. Seringkali, menemukan sekelompok bandit pengembara atau Mongol akan disertai dengan penyelamatan seorang tahanan sipil membebaskan mereka dan mengobrol singkat akan membuka tempat menarik baru di peta, dari koleksi hingga kuil yang meningkatkan stat, sisi- misi dan kamp Mongol. Semuanya adalah pengalihan yang bervariasi dan menyenangkan.

Anda dapat membangun Resolve Anda, misalnya, dengan mengiris tongkat pelatihan bambu dengan permainan memori urutan tombol ketuk cepat, menemukan pesona bertenaga tinggi dengan menavigasi jalan berbahaya ke Kuil Shinto seperti dalam permainan platform, atau membuka kunci item kosmetik dengan mengambil momen untuk menulis haiku di titik-titik keindahan alam di seluruh peta. Dunia dipenuhi dengan koleksi, mulai dari sumber daya yang dapat ditukar dengan peningkatan di pedagang, hingga catatan dan artefak yang mengungkapkan lebih banyak tentang budaya dan tradisi dari dua faksi yang bertikai.

Beberapa momen terbaik dari semuanya, selain dari pertempuran pencarian utama yang menghentikan pertunjukan, datang dalam bentuk Mythic Quests – misi multi-bagian yang tersembunyi di peta yang memberi Anda hadiah dengan barang bertenaga tinggi seperti baju besi langka atau gerakan khusus. Mereka terikat dengan pejuang legendaris dari masa lalu Tsushima yang dapat Anda ketahui dengan mendengarkan musisi dan pendongeng di perjalanan Anda (disajikan dengan animasi gaya kaligrafi yang indah).

Masing-masing berbeda dan layak untuk dilacak, dan bisa membuat Anda diadu melawan pejuang utama dalam duel pertempuran bos, menjelajahi pulau dengan peta harta karun pemandu tengara, atau menyusup ke perkemahan yang dijaga ketat. Mereka tidak boleh dilewatkan, paling tidak karena imbalannya seringkali sangat kuat.

Gaya Kurosawa, tapi tidak begitu banyak jiwa

Banyak yang telah ditulis tentang pengaruh film samurai klasik Akira Kurosawa pada Ghost of Tsushima, dan bahkan di luar filter dalam game ‘Mode Kurosawa’ hitam-putih, yang menyusun kembali lanskap warna-warni dalam nuansa monokrom dan noise butiran film, itu jelas untuk dilihat. Dari kebuntuan one slice kill yang menegangkan hingga reruntuhan kastil dan kuil yang hancur dan berasap, permainan ini dimainkan seperti film Kurosawa interaktif. Ini sangat disadari Anda akan benar-benar merasa seperti seorang samurai saat bermain.

Yang disayangkan adalah, dalam hal elemen manusia dari cerita tersebut, pengembang Sucker Punch tampaknya telah mengambil lebih banyak film masam Kurosawa seperti ‘Ran’ daripada galeri karakter energik dan gila yang ditemukan di, katakanlah, ‘Seven Samurai.’

Dengan beberapa pengecualian, terkenal karena kilatan kelegaan komik yang mereka bawa, semua orang di Ghost of Tshushima sangat serius, sepanjang waktu. Ya, kekejaman yang mengerikan terjadi di sekitar mereka, tetapi tanpa sedikit kesembronoan sebagai kontras, menjadi sulit untuk peduli dengan nasib Jin dan rekan-rekannya.

Jin, misalnya, akan membagi pemain. Dia setiap inci samurai klasik tabah, terhormat, tapi sedikit humoris. Dia lebih Altair daripada Ezio. Terbelah antara tradisi samurainya, mengharuskan dia untuk menghadapi lawan secara langsung, dan musuh baru yang kejam yang melenyapkan semua kecuali musuh yang paling sembunyi-sembunyi dan licik, Jin harus memutuskan apakah menghormati masa lalu lebih penting daripada menyelamatkan nyawa orang-orang di masa lalu. hadiah. Akibatnya, dia selalu sangat serius, jika tidak tenang, dan kisahnya tentang penebusan dan balas dendam dibawa lebih menarik oleh tema dan potongan daripada kepribadiannya.

Tapi betapa fenomenalnya pembangunan dunia yang bisa didapat di sini. Jibes ‘Assassin’s Creed: Japan Edition’ memang terdengar benar saat Anda bermain, tetapi, itu sama sekali bukan hal yang buruk game Ubisoft dipuji karena perhatiannya pada detail bersejarah, dan Ghost of Tsushima sama-sama setara dalam hal presentasi. Dari petik Koto hingga dentingan Shamisen, Tsushima diatur dengan indah dan ditampilkan dengan indah, dengan daun maple merah dan emas yang mengalir di sekitar Jin dari benteng ke kuil, sumber air panas ke kuil. Tsushima terus bergerak, gulungan rumput membungkuk dengan desir katana dan kunang-kunang menerangi jalur hutan berbatu yang tertutup kanopi. Dimainkan di PS4 Pro, kinerjanya konsisten solid, tanpa tanda-tanda pelambatan atau stutter, bahkan dengan visual 4K HDR yang dimainkan. Namun, jarak tempuh dapat bervariasi dengan konsol dasar.

Dakwaan

Keakraban dengan genre dunia terbuka dapat menimbulkan rasa jijik di sini. Kami benar-benar dimanjakan. Komponen individual Ghost of Tsushima membangun keseluruhan yang memuaskan, dan dunia historisnya adalah keajaiban untuk dijelajahi dan di antara yang terbaik yang pernah kami lihat secara visual.

Tapi cerita sampingannya tidak semenarik The Witcher 3, sistemnya kurang menyenangkan dan eksperimental dibandingkan Breath of the Wild, dunianya kurang meyakinkan daripada Red Dead Redemption 2 dan skalanya kurang ambisius dibandingkan Assassin’s Creed: Odyssey .

Masing-masing orang sezaman ini memiliki kegagalannya sendiri, tentu saja, dan Ghost of Tsushima mengagumkan dan menarik karena konsisten dan menyenangkan untuk dimainkan. Anda dapat, dan akan, kehilangan lusinan jam demi pertarungannya yang menarik, berlumuran darah, dan lanskap yang menakjubkan dan penuh misteri. Hanya saja, jangan berharap Ghost of Tsushima akan memecahkan cetakan dunia terbuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *