Mana Yang Lebih Baik Rilis Di PC Atau Seluler?

Mana Yang Lebih Baik Rilis Di PC Atau Seluler?

Mana Yang Lebih Baik Rilis Di PC Atau Seluler? – Saya mengikuti berbagai pengembang di media sosial, dari orang-orang besar hingga orang-orang kecil, orang-orang terkenal hingga orang-orang berbakat yang tidak dikenal.. dan beberapa dari mereka bahkan mengikuti saya kembali! Dari pengembang ini, ada yang murni berfokus pada seluler, yang lain tetap menggunakan PC, dan mengejutkan melihat betapa sedikit yang benar-benar menargetkan keduanya.

Mana Yang Lebih Baik Rilis Di PC Atau Seluler?

guardcombat – Namun, ada beberapa frustrasi yang saya miliki, dan itu berasal dari banyak komentar yang saya lihat dari pengembang yang mengatakan “hei, saya tetap menggunakan [platform ini] karena yang lain gila/keras/sulit/tidak layak” meskipun mereka tidak memiliki pengalaman langsung dan murni mendasarkan ini pada pengembang lain yang mengatakannya atau melihat statistik.

Baca Juga : Review Gamae Slot 5 Lucky Lions

Dunia adalah platform Anda

Saya telah merilis di ponsel sejak tahun 2004, dan saya mulai mem-porting game saya ke PC dan merilisnya di Steam pada tahun 2015. Butuh beberapa saat bagi saya untuk memasukkan platform PC, sebagian besar karena alat yang saya gunakan tidak memungkinkan saya untuk melakukannya. menutupi kedua platform sekaligus. Ketika saya beralih dari kerangka kerja ceroboh saya ke mesin LibGDX, itu memungkinkan saya untuk merilis game PC yang berdiri sendiri, jadi saya terjun dengan kekuatan penuh dan saat ini memiliki enam game di PC (Steam, Humble, dan Itch) dengan dua lebih banyak datang tahun ini.

Berada di berbagai platform, berarti ada banyak cara untuk menghasilkan pendapatan, ada banyak cara untuk (semoga) mendapatkan liputan tentang game Anda, berbagai cara untuk melakukan penjualan dan diskon di kemudian hari, dan yang lebih penting: berbagai cara agar game dapat ditemukan dan nikmati permainan Anda. Anda mungkin memperhatikan di sini kata kuncinya adalah: multiple.

Jadi mengapa begitu banyak pengembang game PC masih tidak melakukan kedua platform? sejujurnya saya tidak tahu.

Toko aplikasi terlalu jenuh

Sebagian besar pengembang game PC tampaknya mengatakan bahwa App store terlalu jenuh dengan sebagian besar permainan gratis untuk dimainkan dan Anda tidak dapat lagi menghasilkan uang dari game premium di ponsel. Dan itu benar! sangat benar, melihat sekilas daftar teratas akan menunjukkan kepada Anda beberapa game f2p yang sama di tempat teratas. Konyol Pokemon Go (tampaknya tidak ada yang menyukainya, namun masih ada dalam daftar tersebut) diikuti oleh game match-3 yang bodoh (tidak ada yang menyukai itu) dan tentu saja game “ikon-wajah-marah-berteriak” yang selalu ada di sana dan adalah game bodoh yang tidak dimainkan siapa pun (cukup periksa, dan semuanya memiliki ikon yang sama!).

Masalahnya.. game-game itu bukan pesaingmu! Game-game itu berasal dari perusahaan yang menghasilkan miliaran (secara harfiah MILIAR) per tahun, dan menghabiskan jutaan (secara harfiah JUTAAN) per tahun untuk pemasaran. Itu seperti mengatakan bahwa penjelajah bawah tanah baru Anda yang seperti penjahat dengan grafis pixel-art dan musik chip-tune harus bersaing dengan Rocket League dan Grand Theft Auto V.

Hal yang sama terjadi dengan daftar teratas di PC (Steam, GoG, Humble) dan Anda memiliki peluang yang sama besarnya untuk membobol daftar tersebut seperti yang Anda miliki di app-store. Jadi berhentilah melihat mereka!

Baca Juga : Review Game Slot Cop the Lot Jackpot King

Ya, toko aplikasi memiliki banyak game yang dirilis menurut statistik, tetapi hanya beberapa dari game itu yang benar-benar menjadi masalah bagi Anda karena cukup menarik untuk mencuri tempat di halaman depan atau daftar grafik. Sebagian besar game yang dirilis setiap hari hadir dalam statistik dan terlihat seperti tempat yang ramai, tetapi apa yang tidak dikatakan statistik adalah bahwa sebagian besar game tersebut tidak menonjol dan tidak muncul di situs game yang lebih besar atau daftar unduhan teratas karena mereka hanya mendapatkan 1-10 unduhan (mungkin teman dari pengembang).

Coba tebak, Anda memiliki banyak kesempatan untuk muncul di daftar unduhan teratas di app store seperti yang Anda miliki di Steam!

Jadi.. mengapa begitu banyak pengembang game seluler masih tidak melakukan kedua platform? sejujurnya saya tidak tahu.

Uap terlalu jenuh

Tampaknya jika Anda menyebut game PC, Anda juga menyebut Steam. Yang lucu tetapi tidak seperti menyebutkan game seluler dan melupakan bahwa ada dunia yang penuh dengan pengguna Android dan toko Google Play yang menyertainya. Sama seperti toko Humble, Itch.io atau GoG ada untuk kebutuhan game PC Anda.

Namun, mengatakan Steam terlalu jenuh dengan game, itu benar! Ya, ini tidak seburuk toko aplikasi seluler, tetapi masih terlalu jenuh, dan persaingan secara umum adalah game yang lebih besar dan sedikit lebih halus dan lebih mungkin game yang bersaing langsung dengan game Anda.

Saya telah melihat orang mengharapkan hal-hal besar dari mendapatkan game mereka di Steam, dan kemudian saya mencoba memberi tahu mereka bahwa mereka mungkin tidak menjual jutaan.. bahkan ribuan, dan kemungkinan besar, mungkin, hanya beberapa ratus eksemplar ketika mereka merilis (dan Saya benar). Steam mengubah beberapa hal sekarang, dengan mematikan Steam Greenlight dan menggantinya dengan semacam penghalang bayar per game. Ada banyak pembicaraan tentang ini, dan saya tidak akan membahasnya, tetapi itu mungkin akan mengubah lanskap.

Melepaskan dan menghasilkan uang di PC sama sulitnya dengan di ponsel. Saya benar-benar pernah ke sana dan melakukannya dalam kedua kasus!

Tapi.. tapi.. lalu apa platform terbaik untuk dirilis? Nah jika Anda belum memperhatikan:

  • Lepaskan semua yang Anda bisa
  • Jika Anda bisa melepaskannya, lepaskan!

SEMUA PLATFORM adalah platform terbaik. Dan untuk menjadi sangat jelas tentang itu: itu termasuk konsol!

“Tetapi jika saya merilis game seluler saya di PC, para gamer akan mengeluh bahwa itu adalah port seluler” – benar! jadi jangan lakukan itu! Saya melakukan itu, beberapa rilis PC pertama saya adalah Gunslugs dan Heroes of Loot. Sekarang kedua game tersebut dirancang dengan mempertimbangkan gamepad, awalnya saya membuatnya dengan konsol android seperti Ouya (ingat?) dan perangkat AndroidTV lainnya sejak awal. Jadi kontrol sepenuhnya dirancang untuk gamepad.

Tetapi gamer PC masih tidak senang dengan hal itu. Tampaknya gamer PC menginginkan lebih banyak pengaturan dan statistik. Dengan serius! Menambahkan hal-hal seperti kontrol volume terpisah untuk musik dan efek suara. Menambahkan hal-hal tambahan seperti statistik (berapa banyak permainan yang dimainkan, seberapa sering Anda mati, hal-hal menyenangkan seperti itu).

Gamer PC tidak menginginkan antarmuka yang sederhana, mereka menginginkan hal-hal tambahan untuk menunjukkan kepada mereka bahwa Anda serius. Dan coba tebak? gamer seluler juga mendapat untung dari menambahkan hal-hal itu! Jadi ya, jangan lepaskan game seluler Anda di PC dengan antarmuka selulernya, tombol “sentuh” ​​tebal yang besar. Buat antarmuka yang tepat, lebih disukai yang berfungsi untuk semua perangkat dan kontrol.

“Tetapi jika saya merilis game PC saya di ponsel, saya harus mengecilkannya” – yah, ya dan tidak. Tentu saja Anda ingin sedikit menyederhanakan kontrol jika diperlukan, tetapi Anda dapat mengingat hal ini sejak awal pengembangan, dan sering kali hanya meningkatkan desain antarmuka game Anda untuk semua platform lain jika Anda membuatnya lebih ramping dan lebih kejam.

Hari-hari memiliki perangkat seluler lambat yang tidak dapat menangani adegan besar atau grafik yang bagus sudah berakhir. Dari segi teknologi, sangat sedikit yang membatasi diri Anda untuk tidak merilis di ponsel!

Apa pun yang menahan Anda untuk mencakup semua platform, saya berjanji kepada Anda bahwa pekerjaan yang terlibat untuk memperbaikinya jauh lebih sedikit daripada membuat game baru.

Tapi kenapa?

Pertama, sebagian besar game seluler tidak menghasilkan banyak uang, dan sebagian besar game pc juga tidak menghasilkan banyak uang! Secara teori, Anda dapat menggandakan pendapatan Anda dari game yang sama dengan menempatkannya di platform dua kali lebih banyak. Selain itu juga menumbuhkan kemungkinan basis pengguna Anda.

Saya tahu bahwa banyak orang telah membeli game saya di berbagai platform tempat saya merilisnya. Entah karena mereka ingin memainkan game saya saat bepergian dan dari kenyamanan ruang permainan mereka, atau mereka hanya ingin mendukung pekerjaan saya dan membeli game saya beberapa kali karena itu. Yang luar biasa!

Liputan dari pers juga dapat lebih tersebar, karena Anda sekarang dapat menjangkau pers untuk game seluler dan game pc, dan bahkan mungkin game konsol jika Anda berencana untuk merilisnya di sana.

Jadi kamu lebih suka rilis di mana? atau mengapa Anda hanya merilis pada satu platform perangkat keras? Beri tahu saya di komentar, karena saya sangat penasaran!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *